Senin, 21 Mei 2018

Jakarta - Labuan Bajo Budget Kurang dari 2 Juta? Masa Sih?

Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang populer dan menjadi salah satu trip goal para kawula. Bagaimana tidak, keindahan alam lautan rayanya begitu luar biasa. Nah! belum lama ini gue baru aja berkunjung kesana. Percaya gak uang yang dikeluarkan gak sampai 2 juta? 

FYI gue modal nekat tanpa pengetahuan apapun pas kesana. haha

Simak penjabarannya.

Tiket Pesawat


Tiket pesawat Jakarta - Labuan Bajo (PP) maskapai Sriwijaya gue dapetin dengan harga 650ribu aja. Gila gak? Gila sih. haha. Gue sampai saat ini masih aktif menjadi pemburu tiket promo. Pun tiket ini yang gue dapatkan waktu promo digelar sekitar akhir tahun 2017. Gue pribadi gak malu dan gak malas untuk antre demi mendapatkan tiket promo ini. Worth it banget kan!!

*Siapin uang 50 ribu untuk taksi dari bandara ke hotel


Hotel

Hotel di Labuan Bajo itu bervariasi, mulai 50 ribu sampai 2 juta per malam ada. Gue memilih hotel yang biasa aja dan lokasinya dekat dengan pelabuhan. Waktu itu gue menginap di Hotel Gardena yang jaraknya hanya 50 atau 100 m dari pelabuhan dengan harga 275 ribu/ malam. Fasilitasnya biasa aja, tapi hotel ini terkenal dengan sunset view nya. Selain itu, mbak hotelnya buset dah baik bener, helpfull. Tiga hari menginap di sini. Total 275 x 3 = 825 ribu dibagi dua sama suami. haha

Makanan


Makanan di sana harganya standar daerah pariwisata menurut gue. Hanya saja variasi makanan saat pagi dan siang hari tidak se-seru makanan pada malam hari. Saat siang hari, disana ada penjual soto, bakso arema, nasi padang dan warteg. harganya kisaran 15-25 ribu/porsi.

Tapi, saat malam hari jajanan menjadi sangat seru. Ada pameran kuliner di lapangan. Mulai dari batagor sampai si bintang utamanya adalah makanan laut. Rata-rata harga untuk makanan laut adalah 80 ribu. Itu sudah termasuk ikan/udang/cumi yang buset gede banget, 2 porsi nasi, 2 porsi lalapan dan air mineral. 

Saran gue kalian minimal berdua atau bertiga deh. Biar seru dan banyak pilihan jadi bisa sharing gitu. Tapi jujur itu gue makan ikan kakap merah berdua suami ampe bingung ngabisinnya. Gede banget deh gue gak ngerti lagi. 

Dua hari pertama makan malam dapetnya 80ribu terus. Pas hari ke tiga berhasil dapet yang 50ribu all in. Kegirangan gue udah tingkat Poseidon lah. Seneng banget sumpah gocap udah dapet ikan kerapu dan udang bakar. 

Agen Perjalanan

Ini yang bikin gue takut awal sampai Labuan Bajo. Karena yang gue tau paket tur itu rata-rata 2jutaan per orang. Tapi semua ketakutan itu semuanya terbantahkan pas sampai di sana. Jadi, Sudah banyak agen perjalanan di sekitaran pelabuhan. Dan harganya murah banget dibanding lo nekat nego harga kapal yang mencapai 2juta/kapal (kecuali lo rombongan).

Harga semua rata 400ribu/trip/orang. Tujuannya Pulau Padar, Pulau Komodo, Pantai Merah dan Manta Point. Kalau belum puas, ada juga paket 2h1m dengan harga 850ribu/trip/orang dan itu lo khatam keseluruh kepualauan Komodo. Pulang-pulang mabrur deh pokoknya. 

Oiya, untuk masuk Pulau Komodo/Rinca bayar tiket lagi ya. Gak mahal kok apalagi kalau kalian barengan sama Bule. Paling kalian bayar 80ribu. Gak lebih dari itu seharusnya kalau kalian datang dengan rombongan.

Sewa Motor

Karena gue cuma menghabiskan waktu seharian untuk keliling pulau, seharinya lagi gue manfaatkan untuk wisata darat menggunakan motor. Harga sewa motor per hari 75 ribu. Untuk wisata darat ada Bukit Cinta, Gua Batu Cermin dan pantai dekat pelabuhan. Yang berbayar hanya masuk lokasi Gua Batu Cermin. Gak mahal kok, hanya 10ribu/orang.

Rekapnya begini:
Tiket Kereta Bandara : 70.000
Tiket pesawat : 650.000
Hotel : 412.500
Makan : 200.000/orang untuk 3 hari
Tur : 400.000
Sewa Motor : 75.000
Taksi : 50.000
Tiket masuk Komodo : 80.000
Tiket Masuk Gua Batu Cermin : 10.000

Grand Total : 1.947.500 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar